Jenis-jenis Ban
•Ban Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari
banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun
dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap
keliling lingkaran ban.
Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords
berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat.
Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39, Ban tipe bias
memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dibandingkan ban radial.
•Ban radial
Ban radial biasanya digunakan untuk mobil
Atau kendaraan lain berpenumpang dan truk ringan dan jarang digunakan
untuk kendaraan berat seperti tronton atau kendaraan berat lainnya. Ban
radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat
terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi
cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian
dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh
semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban Radial
memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibir ban ke bibir
ban sampingnya. Jalinan antara Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat
logam, Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road
Winner RX 01.
Dan ternyata ban radial lebih tahan banting terhadap benda2 tajam di
jalan seperti paku, pecahan kaca, atau batu yang tajam, dikarenakan
memiliki steel belt yang lebih kuat daripada nylon, sedangkan ban type
bias jika nylonnya putus akibatnya benjol2
bannya.
Katanya pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5% pada
kecepatan 80 km/ jam karena koefesien gesekan saat berputarp (rolling
resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias.
•Ban Tubeless
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban
tubeless ini diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban
pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti
biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk
secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan
udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.
•Ban biasa (tube type)
Ban tube type adalah ban yang memiliki ban dalam. Jenis ban ini terdapat
hampir disemua jenis motor. Keunggulan dari jenis ban ini antara lain.
Harga ban lebih murah daripada ban tubeless, dan biaya tambal lebih
murah dari ban tubeless, dan bisa memakai velg jenis apa saja asalkan
masih velg motor. Tetapi kelemahan dari jenis ban ini antara lain, bila
terkena paku ban akan langsung pecah(bocor), tidak dapat menggunakan gas
Nitrogen, bila dalam sobek harus di ganti dgn ban baru..
Mungkin itubeberapa tipe ban yang umumnya beredar di pasaran, selain
itu ban juga ternyata bisa rusak bro, diantaranya kerusakan dikarenakan
terputusnya benang benang kontruksi pada ban. Bisa karena penggunaan
yang berlebih, kurangnya atau terlalu lebih tekanan angin. Atau umur ban
yang sudah terlalu lama, menyebabkan ban tidak maksimal.
Jadi mau pilih ban tipe apa? Pilih ban sesuai standar kendaraan bro sis,
kalo mau upgrade sah saja asal sesuai dengan spek dan penggunaan
sehari-hari .
Sumber:
•id.m.wikipedia.org/wiki/Ban_radial
•id.m.wikipedia.org/wiki/Ban
•www.bridgestone.co.id/tire-information_pengetahuan-ban.html
•m.kaskus.co.id/post/50de5be61fd719ec69000005#post50de5be61fd719ec69000005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar