Minggu, 08 Maret 2015

JENIS-JENIS BAN KENDARAAN

Jenis-jenis Ban

•Ban Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.
Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords
berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat.
Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39, Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dibandingkan ban radial.
•Ban radial

Ban radial biasanya digunakan untuk mobil
Atau kendaraan lain berpenumpang dan truk ringan dan jarang digunakan untuk kendaraan berat seperti tronton atau kendaraan berat lainnya. Ban radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibir ban ke bibir ban sampingnya. Jalinan antara Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam, Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.
Dan ternyata ban radial lebih tahan banting terhadap benda2 tajam di jalan seperti paku, pecahan kaca, atau batu yang tajam, dikarenakan memiliki steel belt yang lebih kuat daripada nylon, sedangkan ban type bias jika nylonnya putus akibatnya benjol2
bannya.
Katanya pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5% pada kecepatan 80 km/ jam karena koefesien gesekan saat berputarp (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias.

•Ban Tubeless
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless ini diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.
•Ban biasa (tube type)
Ban tube type adalah ban yang memiliki ban dalam. Jenis ban ini terdapat hampir disemua jenis motor. Keunggulan dari jenis ban ini antara lain. Harga ban lebih murah daripada ban tubeless, dan biaya tambal lebih murah dari ban tubeless, dan bisa memakai velg jenis apa saja asalkan masih velg motor. Tetapi kelemahan dari jenis ban ini antara lain, bila terkena paku ban akan langsung pecah(bocor), tidak dapat menggunakan gas Nitrogen, bila dalam sobek harus di ganti dgn ban baru..
Mungkin itubeberapa tipe ban yang umumnya beredar di pasaran, selain itu ban juga ternyata bisa rusak bro, diantaranya kerusakan dikarenakan terputusnya benang benang kontruksi pada ban. Bisa karena penggunaan yang berlebih, kurangnya atau terlalu lebih tekanan angin. Atau umur ban yang sudah terlalu lama, menyebabkan ban tidak maksimal.
Jadi mau pilih ban tipe apa? Pilih ban sesuai standar kendaraan bro sis, kalo mau upgrade sah saja asal sesuai dengan spek dan penggunaan sehari-hari .
Sumber:
id.m.wikipedia.org/wiki/Ban_radial
id.m.wikipedia.org/wiki/Ban
www.bridgestone.co.id/tire-information_pengetahuan-ban.html
m.kaskus.co.id/post/50de5be61fd719ec69000005#post50de5be61fd719ec69000005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar