Sejarah Singkat Lahirnya Sang Raja Uderbone Di Indonesia
Pada sekitar tahun 2002 sampai 2004 Suzuki Indonesia mendatangkan
RK-Cool 110 ke Indonesia secara CBU dengan price diatas 17 juta-an
rupiah. Wow?? Tapi, walaupun tergolong terlalu mahal untuk ukuran motor
bebek kelas 110cc, penjualan RK-Cool yang mengusung mesin 2-tak ini
tetap mendulang sukses di pasaran Indonesia karena telah memiliki
fitur-fitur yang melebihi motor bebek pada umumnya.Kesuksesan RK-Cool membuka jalan masuknya Suzuki Rider 125 yang langsung dari Thailand ke negara kita. Rider 125 tampangnya mirip dengan RK-Cool 110, tapi bedanya Rider 125 mesinnya sudah 4-tak dan juga mengusung mesin DOHC.
Rider 125 pun cukup diminati oleh konsumen pencinta speed, hal ini menjadi cikal bakal datangnya Suzuki Raider 150 di Indonesia. Price-nya sekitar 26 juta-an rupiah langsung dari dealer Thailand. Rider 150 merupakan up-grade-nya Rider 125 dengan kapasitas mesin 147.33 cc. (Konon ada beberapa sumber yang mengatakan kehadiran Rider 150 dikarenakan oleh persaingan Rider 125 dan Honda Sonic).
Pada tahun 2004 Suzuki Indonesia mendatangkan Satria FU 150 secara CBU dari Thailand. Namun FU 150 telah mengalami beberapa perubahan untuk disesuaikan dengan kondisi bahan bakar premium. Perubahan ini mempengaruhi performa FU 150 yang masih kalah dibanding dengan Rider 150. Selain itu ada juga perubahan design yaitu pada: lampu depan dan belakang, lampu sein, pelindung blok silider pada mesin dan dasbord konsole pada speedometer.
Suzuki Satria FU 150 di-launching di Indonesia pada tahun 2004 pada pegelaran event Jakarta Motorcycle Show dengan price 16 juta-an. Sejak saat itu respon masyarakat pun semakin hebat. Dan Akhirnya pada tahun 2007 FU dibuat CKD oleh Suzuki Indonesia. FU yang dirakit di Indonesian telah dilengkapi dengan e-starter.
Setelah itu pada tahun 2008, FU mengalami penyegaran pada headlight. FU keluaran tahun 2008 sampai sekarang headlight-nya lebih besar dan lebih futuristic.
Jadi kesimpulannya, Satira FU bukanlah turunan Satria 120. Keduanya beda baik secara teknologi dan penampilan. Hanya saja Satria FU mewarisi nama sang legend Satria 2-tak tersebut. (brave-bikes.blog)
Spesifikasi Suzuki Satria F150:
DIMENSI | ||
Panjang Keseluruhan |
mm
|
1.945
|
Lebar Keseluruhan |
mm
|
652
|
Tinggi Keseluruhan |
mm
|
941
|
Jarak Antara As Roda |
mm
|
1.280
|
Jarak Mesin ke Tanah |
mm
|
95
|
Berat Kendaraan |
kg
|
95
|
Tinggi Tempat Duduk |
mm
|
764
|
MESIN | ||
Jenis |
4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup
|
|
Jumlah Silinder |
1 (satu)
|
|
Diameter Silinder |
62 mm
|
|
Langkah Piston |
48.8 mm
|
|
Kapasitas Silinder |
147.3 cc
|
|
Perbandingan Kompresi |
10.2 : 1
|
|
Daya Maksimum |
16 Ps/9.500 rpm
|
|
Torsi Maksimum |
1.27 Kg.m . 8.500 rpm
|
|
Karburator |
MIKUNI BS 26 – 187
|
|
Saringan Udara |
Jenis Kertas
|
|
Sistem Starter |
Elektrik dan Kaki
|
|
Sistem Pelumasan |
Perendaman Oli
|
|
TRANSMISI | ||
Kopling |
Manual plat majemuk tipe basah
|
|
Transmisi |
6 Percepatan
|
|
Arah Perpindahan Gigi |
1 Ke bawah, 5 Ke atas
|
|
Rantai Penggerak |
DID 428 DS, 122 mata
|
|
RANGKA | ||
Suspensi Depan |
Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
|
|
Suspensi Belakang |
Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
|
|
Sudut Kemudi |
45° (Kanan dan Kiri)
|
|
Radius Putar |
m
|
2
|
Rem DepanRem Belakang |
Cakram/Cakram
|
|
Ukuran Ban Depan |
70/90-17 38S
|
|
Ukuran Ban Belakang |
80/90-17 44S
|
|
SISTEM LISTRIK | ||
Sistem Pengapian |
CDI
|
|
Busi |
NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
|
|
Accu |
12 V (2,5 Ah)/10 HR
|
|
Kapasitas : | ||
Tangki Bahan Bakar |
4,9 L
|
|
Dengan penggantian saringan oli |
1.100 ml
|
|
Tangki Oli Mesin |
1000 ml
|
Indonesia – Satria F150 (Satria FU)
Thailand – Raider (R) 150
Filipina – Raider R 150
Malaysia – Belang R150
Sources: Suzuki Indonesia, ThaiSuzuki, Suzuki Philippines, Suzuki Assemblers Malaysia, Suzuki Satria FU 150
Tidak ada komentar:
Posting Komentar