Sejarah Singkat Lahirnya Sang Raja Uderbone Di Indonesia
Pada sekitar tahun 2002 sampai 2004 Suzuki Indonesia mendatangkan
RK-Cool 110 ke Indonesia secara CBU dengan price diatas 17 juta-an
rupiah. Wow?? Tapi, walaupun tergolong terlalu mahal untuk ukuran motor
bebek kelas 110cc, penjualan RK-Cool yang mengusung mesin 2-tak ini
tetap mendulang sukses di pasaran Indonesia karena telah memiliki
fitur-fitur yang melebihi motor bebek pada umumnya.

Kesuksesan RK-Cool membuka jalan masuknya Suzuki Rider 125 yang langsung dari Thailand ke negara kita. Rider 125 tampangnya mirip dengan RK-Cool 110, tapi bedanya Rider 125 mesinnya sudah 4-tak dan juga mengusung mesin DOHC.

Rider 125 pun cukup diminati oleh konsumen pencinta speed, hal ini menjadi cikal bakal datangnya Suzuki Raider 150 di Indonesia. Price-nya sekitar 26 juta-an rupiah langsung dari dealer Thailand. Rider 150 merupakan up-grade-nya Rider 125 dengan kapasitas mesin 147.33 cc. (Konon ada beberapa sumber yang mengatakan kehadiran Rider 150 dikarenakan oleh persaingan Rider 125 dan Honda Sonic).








Spesifikasi Suzuki Satria F150:
DIMENSI | ||
Panjang Keseluruhan |
mm
|
1.945
|
Lebar Keseluruhan |
mm
|
652
|
Tinggi Keseluruhan |
mm
|
941
|
Jarak Antara As Roda |
mm
|
1.280
|
Jarak Mesin ke Tanah |
mm
|
95
|
Berat Kendaraan |
kg
|
95
|
Tinggi Tempat Duduk |
mm
|
764
|
MESIN | ||
Jenis |
4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup
|
|
Jumlah Silinder |
1 (satu)
|
|
Diameter Silinder |
62 mm
|
|
Langkah Piston |
48.8 mm
|
|
Kapasitas Silinder |
147.3 cc
|
|
Perbandingan Kompresi |
10.2 : 1
|
|
Daya Maksimum |
16 Ps/9.500 rpm
|
|
Torsi Maksimum |
1.27 Kg.m . 8.500 rpm
|
|
Karburator |
MIKUNI BS 26 – 187
|
|
Saringan Udara |
Jenis Kertas
|
|
Sistem Starter |
Elektrik dan Kaki
|
|
Sistem Pelumasan |
Perendaman Oli
|
|
TRANSMISI | ||
Kopling |
Manual plat majemuk tipe basah
|
|
Transmisi |
6 Percepatan
|
|
Arah Perpindahan Gigi |
1 Ke bawah, 5 Ke atas
|
|
Rantai Penggerak |
DID 428 DS, 122 mata
|
|
RANGKA | ||
Suspensi Depan |
Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
|
|
Suspensi Belakang |
Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
|
|
Sudut Kemudi |
45° (Kanan dan Kiri)
|
|
Radius Putar |
m
|
2
|
Rem DepanRem Belakang |
Cakram/Cakram
|
|
Ukuran Ban Depan |
70/90-17 38S
|
|
Ukuran Ban Belakang |
80/90-17 44S
|
|
SISTEM LISTRIK | ||
Sistem Pengapian |
CDI
|
|
Busi |
NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
|
|
Accu |
12 V (2,5 Ah)/10 HR
|
|
Kapasitas : | ||
Tangki Bahan Bakar |
4,9 L
|
|
Dengan penggantian saringan oli |
1.100 ml
|
|
Tangki Oli Mesin |
1000 ml
|
Indonesia – Satria F150 (Satria FU)

Thailand – Raider (R) 150

Filipina – Raider R 150


Malaysia – Belang R150


Sources: Suzuki Indonesia, ThaiSuzuki, Suzuki Philippines, Suzuki Assemblers Malaysia, Suzuki Satria FU 150
Tidak ada komentar:
Posting Komentar